Nasi Jamblang Khas Cirebon, Saksi Bisu Jalan Raya Daendels

Nasi Jamblang Khas Cirebon, Saksi Bisu Jalan Raya Daendels

Nasi Jamblang atau dikenal juga dengan nama sega jamblang merupakan makanan tradisional khas Cirebon, Jawa Barat. Nama Jamblang ini konon diambil dari nama sebuah desa di sebelah barat kota Cirebon dan tidak ada hubungannya dengan pohon atau buah jamblang dalam bahan-bahannya. Ciri khas dari nasi ini adalah bungkusnya yang menggunakan daun jati bukan daun pisang.

nasi jamblang

Sejarah nasi khas Cirebon ini awalnya diperuntukkan untuk para pekerja tanam paksa (rodi) pada zaman Belanda yang dipaksa untuk membangun jalan dari Anyer (Jawa Barat) sampai Panarukan (Jawa Timur) atau dikenal pada zaman itu sebagai jalan raya Daendels. Sega atau nasi tersebut sengaja dibungkus menggunakan daun jati karena daun jati memiliki pori-pori yang membantu nasi tetap terjaga dan bisa tahan lama.

Santap Lezat Nasi Jamblang dengan Menu Prasmanan

Penyediaan makanan khas dari kota Keraton Kasepuhan ini bersifat prasmanan dan dilengkapi berbagai menu pilihan dalam penyajiannya. Lauk-lauk tersebut antara lain sambal goreng, tahu sayur, paru-paru (pusu), cumi hitam (blakutak), perkedel, sate kentang, semur hati atau daging, telur dadar atau telur goreng, semur ikan, ikan asin, telur masak sambal goreng, tahu, dan tempe dan lain-lain.

nasi jamblang bu nur

Lauk pauk yang beraneka ragam serta bentuknya yang prasmanan memang ditujukan agar makanan tradisional ini dikonsumsi secara kekeluargaan pada saat-saat spesial atau perayaan-perayaan tertentu. Disamping beragamnya lauk pauk yang lezat ditambah gurihnya nasi jamblang itu sendiri, harga untuk makanan ini terbilang murah karena pada awalnya pasca kemerdekaan nasi ini ditujukkan untuk para pekerja buruh.

Tidak sulit untuk menemukan spot penjual nasi jamblang di Cirebon. Di antaranya terdapat di sepanjang alun-alun, pasar hingga pelabuhan atau lokasi ramai lainnya dan beberapa pinggir jalan raya. Pengunjung kota Cirebon diberikan berbagai alternatif penjual sega jamblang yang menyediakan hingga 40 jenis lauk pauk yang buka dari pagi sampai malam. Sebungkus sega jamblang ini dihargai hanya Rp. 1.000,- sampai Rp. 2.000,- minimal dengan lauk pauk yang harganya bervariasi.

nasi jamblang mang dul cirebon jawa barat

Nasi khas desa Jamblang ini tidak hanya dikagumi oleh pengunjung luar kota yang umumnya tertarik dengan makanan-makanan khas. Namun, warga Cirebon sendiri masih menggemari makanan khas pendahulu mereka. Hal ini terbukti dengan padatnya suasana di berbagai sudut kota yang menjual sega jamblang terutama pada akhir pekan.

Info dan Mitra Jajanan Cirebon :
Hp / WA : 0853 141414 66
Email : jajanancirebons@gmail.com
Fanspage Facebook : Jajanan Cirebon
Instagram : @jajanancirebons
Twitter : @cirebon_jajanan
Website : www.jajanancirebon.com
Info : www.wisatacirebon.info

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *